Mekanisme Transfer Uang Antar Bank yang Perlu Kamu Tahu

Uang merupakan alat tukar yang dipakai sekarang ini. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapat uang, salah satunya adalah dengan bekerja. Setelah seseorang menyelesaikan suatu pekerjaan, uang akan mereka terima sebagai imbalan.

Sekarang ini, mengirimkan uang jauh lebih praktis. Transfer uang antar bank bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa mengunjungi bank, menggunakan mesin ATM, dan memakai kemajuan teknologi berupa penggunaan internet banking atau mobile banking.

Mekanisme Transfer Uang Antar Bank yang Perlu Kamu Tahu

Mekanisme Transfer Uang

Pada umumnya, orang-orang hanya mengetahui bahwa uang bisa dikirim dengan cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi, masih ada banyak orang yang belum memahami bagaimana sebenarnya mekanisme uang yang dikirimkan. Nah, di bawah ini akan ada penjelasan mengenai mekanisme tersebut.

1. Real Time Gross Settlement

Real Time Gross Settlement atau biasa disebut dengan istilah RTGS adalah salah satu bentuk mekanisme tranfer uang yang perlu kamu tahu. Biasanya, transfer menggunakan sistem ini merupakan jenis transfer uang dengan nominal yang besar.

Menurut edaran dari Bank Indonesia, RTGS bisa dilakukan dengan nominal uang yang ditransfer sebesar minimal seratus juta rupiah. Besarnya minimal nominal tersebut ditetapkan karena RTGS memang diperuntukkan untuk transfer kebutuhan investasi yang mahal.

Beberapa ketentuan pun menyertai proses transfer uang menggunakan sistem ini. Misalnya kegiatan transfer uang yang dilakukan pada pukul 15.00 akan diproses keesokan harinya. Banyaknya data atau keperluan lain yang perlu diverifikasi juga menyebabkan proses pengiriman uang menggunakan mekanisme ini membutuhkan waktu hingga empat jam.

Hal rumit lainnya juga sering terjadi seperti adanya penundaan atau delay yang terjadi dalam sistem tersebut. Jika kamu memutuskan untuk mengirim uang menggunakan mekanisme ini, kamu akan dikenai biaya administratrif sebesar 25 ribu hingga 50 ribu rupiah.

2. Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia

Mekanisme transfer uang lain yang bisa dilakukan di Indonesia adalah dengan memakai Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia. Sistem ini juga biasa disebut dengan istilah sistem kliring atau SKNBI. Mekanisme ini bisa dilakukan dengan nominal uang yang ditransfer di bawah 100 juta rupiah.

Biaya administrasi yang diberlakukan juga tidak terlalu mahal, yaitu hanya sebesar 3.500 rupiah. Sistem kliring menggunakan jadwal pengiriman uang setiap harinya. Kamu bisa menggunakan mekanisme ini dari pukul 08.15 hingga 15.30.

3. Real Time Online

Jenis mekanisme transfer uang di nomor ini adalah jenis transfer uang yang paling banyak dan paling sering digunakan. Real Time Online atau biasa disebut dengan RTO adalah jenis transfer uang yang cukup mudah karena bisa kamu lakukan dengan menggunakan mesin ATM atau menggunakan kemajuan teknologi berupa internet banking dan mobile banking.

Biaya administratif yang diberlakukan untuk mengirim uang melalui bank yang berbeda dikenai biaya sebesar 5.000 hingga 7.500 rupiah. Akan tetapi, jika kamu mengirim uang ke bank yang sama dengan yang kamu gunakan, maka tidak ada biaya administratif sama sekali atau bisa dibilang gratis.

Mekanisme transfer uang menggunakan sistem RTO sangat praktis digunakan karena bisa dipakai kapan saja selama 24 jam. Jadi, kalau ada kebutuhan yang mendesak, sistem ini sangat membantu orang-orang yang membutuhkan kiriman uang.

Di antara banyaknya bank yang beroperasi di Indonesia, kamu bisa memilih maybank.co.id. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapat bila memutuskan untuk menjadi nasabah bank tersebut. Jangan ragu untuk bertanya ke narahubung atau pegawai yang bertugas mengenai keuntungan dan hak yang bisa kamu dapat, ya.