Bagaimana Cara Memilih dan Memakai Pembalut

Pada dasarnya, pembalut itu digunakan untuk menjaga kehigienisan alat kelamin wanita saat sedang menstruasi. Pembalut adalah alat penjaga kehigienisan yang paling nyaman digunakan wanita. Mengapa? Karena tidak seperti tampon, pembalut hanya ditempel di celana dalam, tidak dimasukkan ke organ genital. Pada umumnya, pembalut sangat mudah dibeli dan tersedia dalam berbagai merek, harga, serta bahan. Meski banyak pilihan, Anda juga harus memperhatikan kualitas pembalut sebelum membelinya. Apa saja sih faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih pembalut? Berikut penjelasan lengkapnya.

Tingkat Penyerapan, Pembalut yang baik harus bisa menyerap jumlah darah menstruasi yang banyak. Yang terpenting, Anda harus merasa tetap nyaman saat beraktivitas, pembalut tetap terasa kering, dan bisa bertahan sekitar 4 – 7 jam tanpa harus diganti, meski hal ini juga tergantung dengan kuantitas darah haid. Selain itu, pembalut yang baik adalah yang memiliki gel pada lapisan penyerapnya. Lapisan gel ini berfungsi untuk menahan darah dan mengubahnya menjadi gel.

Selanjutnya Struktur, Struktur atau bentuk pembalut berbeda-beda. Ada yang memiliki sayap, ada juga yang tidak. Namun, kebanyakan orang mengaku merasa lebih nyaman dengan pembalut yang memiliki sayap, karena lebih ampuh mencegah ‘kebocoran’. Tentunya, hal ini juga kembali pada preferensi Anda. Sebagai tips, di hari 1 – 3, ketika darah yang keluar sedang banyak-banyaknya, gunakan pembalut bersayap. Ketika darah sudah tidak terlalu deras, Anda bisa menggunakan pembalut yang tanpa sayap, contoh anda bisa menggunakan laurier yang bersayap dan mengetahui cara memakai pembalut laurier.

Tekstur Selain tingkat penyerapan dan bentuknya, tekstur pembalut juga harus Anda perhatikan. Teksturnya harus lembut dan ramah terhadap kulit untuk mencegah iritasi dan rasa gatal saat sedang menstruasi. Ketebalan, Faktor ketebalan pembalut tergantung pada preferensi Anda. Biasanya, ketebalan pembalut bermacam-macam dari yang sangat tipis, reguler, sampai super tebal. Kalau Anda memiliki menstruasi yang berat, lebih baik pilihlah pembalut yang tebal. Kalau kuantitas darah menstruasi Anda tidak terlalu banyak, gunakan pembalut yang tipis atau reguler. Maka itu, Anda perlu memperhatikan kuantitas menstruasi anda, dan mengetahui penyebab haid tidak lancar dan sedikit.

Biantara Khalifamusta

Berbagi informasi itu indah dan menawan. Soo jangan pernah untuk tidak pernah berbagi ya :)

Mungkin Anda Menyukai