Apa Itu Jantung Koroner dan Gejala yang Diderita Oleh Pasien

Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan di dunia. Bagaimana tidak? Penyakit jantung ternyata sudah merenggut banyak orang di dunia termasuk di Indonesia. Tidak heran apabila penyakit ini sangat mematikan. Salah satu penyakit jantung yang menakutkan adalah jantung koroner. Sudah tahukan apa itu jantung koroner?

Apa itu jantung koroner

Apa itu jantung koroner?

Penyakit jantung koroner merupakan kondisi dimana pembuluh darah jantung atau arteri koroner tersumbat oleh timbunan lemak. Apabila lemak-lemak yang ada didalamnya tersebut semakin menumpuk maka akan menyebabkan arteri juga semakin menyempit. Ini menyebabkan aliran darah yang menuju ke jantung juga akan berkurang.

Inilah yang kemudian memicu munculnya berbagai macam gejala jantung koroner pada pasien. Apabila penyakit ini tidak segera memperoleh penanganan maka akan mengakibatkan adanya serangan jantung. Seperti yang sudah diketahui arteri koroner sendiri merupakan pembuluh darah yang mempunyai fungsi cukup penting yakni mengalirkan oksigen ke jantung.

Arteri ini dibedakan menjadi 2 jenis yakni arteri yang berada di kiri utama dimana mempunyai fungsi untuk mengalirkan darah ke serambi kiri dan bilik kiri dari jantung. Selain itu ada arteri koroner kanan dimana mempunyai fungsi untuk mengalirkan darah ke serambi dan blik kanan dari jantung.

Gejala-gejala jantung koroner

Setelah mengetahui apa itu jantung koroner, anda juga harus mengetahui beberapa gejala dari penyakit yang satu ini dimana wajib untuk diwaspadai. Adapun beberapa gejala dari penyakit ini antara lain adalah.

1. Adanya rasa nyeri dada

Salah satu gejala paling dirasakan oleh pasien jantung koroner adalah rasa nyeri di dada atau angina. Hal ini disebabkan karena area otot jantung tidak memperoleh asupan oksigen yang cukup. Ketika rasa nyeri ini terjadi, biasanya anda seperti tengah menekan dana anda.

Tidak hanya itu saja, rasa nyeri tersebut kemungkinan juga akan menjalan pada bahu, leher, rahang hingga punggung. Tetapi bukan berarti semua rasa nyeri dibeberapa bagian disebabkan karena jantung koroner.

2. Susah untuk bernapas

Ketika jantung anda mempunyai fungsi yang tidak normal maka sistem pernapasan yang anda miliki juga akan mengalami gangguan. Tidak heran jika penderita jantung koroner biasanya juga akan mengalami sesak napas. Sesak napas ini pun biasanya disertai dengan rasa nyeri pada dada.

3. Keringat dingin dan merasa ingin mual

Gejala lainnya dari penyakit jantung koroner adalah pasien akan merasakah keringat dingin yang muncul pada tubuh mereka. Ketika pembuluh darah menyempit, otot jantung akan kekurangan oksigen dimana akan menyebabkan munculkan kondisi iksemia. Dimana ini adalah kondisi yang memicu keluarnya keringat dalam jumlah berlebihan. Tidak hanya itu saja, pasien biasanya juga akan merasa ingin mual.

Bagaimana cara melakukan pencegahan penyakit jantung koroner

Ada beberapa faktor yang menyebabkan jantung koroner ini bisa terjadi seperti faktor usia, riwayat keluarga, hingga kadar kolesterol yang tinggi. untuk terhindar dari penyakit yang satu ini, pencegahan perlu dilakukan. Berikut cara mencegah jantung koroner.

1. Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan menghindari rokok
2. Menjalani pola makan yang sehat dengan cara mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang tinggi nutrisi.
3. Cobalah untuk mengontrol kadar gula darah didalam tubuh anda
4. Lebih rajin dalam melakukan olahraga agar tubuh semakin sehat dan terhindar dari stress berlebihan.

Sudah tahukan apa itu jantung koroner? Untuk mengetahui lebih jauh mengenai penyakit yang satu ini, jangan lupa mempelajari bagaimana gejala dan cara pencegahannya.